Wednesday 11 February 2015

BANGGA BERJAS KUNING

Dany Buyung Yudha Prasetya

Memberikan sambutan sebagai perwakilan mahasiswa Indonesia


Brrr..dingin banget”, itulah kalimat pertama yang dikatakan teman-teman rombongan program Jenesys Indonesia ketika keluar dari bandara Narita. Disambut suhu udara yang mencapai 3 derajat celcius kami menuju kota Chiba dengan menggunakan bus yang telah disediakan panitia JICE (Japan International Cooperation center).
Sesampainya di Chiba kami langsung mengikuti kegiatan orientasi yang dihadiri oleh perwakilan dari Kedubes Jepang, Kedubes Indonesia dan Presiden Direktur JICE.  Keesokan harinya dilanjutkan dengan jalan-jalan di Asakusa Nakamise (shoping street), dan dilanjutkan dengan kelas Bahasa Jepang di kantor JICE selama 5 jam.
Ketika jam bebas, saya mencoba keliling kota Tokyo dengan menggunakan kereta. Walaupun sudah membawa rute peta stasiun, tetapi akhirnya tetap bingung juga. Sistim transportasi di Jepang benar-benar rapi, dengan tersedianya informasi di stasiun maupun halte bus yang dapat memudahkan pengguna transportasi untuk menggunakanya. Serta petugas yang siap membantu ketika kita membutuhkan bantuan, dan tersedianya fasilitas khusus untuk orang yang berkebutuhan khusus seperti pengguna kursi roda.
Tak terlihat sampah yang berserakan di jalan. Macet dan bunyi klakson kendaraan bermotor pun hampir tidak ada. Tak sedikit orang yang berlalu lintas menggunakan sepeda dan berjalan kaki. Yang membuat saya penasaran adalah ketika melihat di sepanjang jalan terdapat jalan yang bergerigi, dengan bentuk bulat maupun memanjang dan berwarna merah maupun kuning, untuk apakah kegunaannya? Ketika melihat seseorang tunanetra yang berjalan menggunakan tongkat, saya baru sadar ternyata  tanda jalan itu disediakan untuk penyandang tunanetra yang bisa menuntunnya hingga ketempat yang dituju.
Hari ketiga rombongan kami menuju prefektur Yamanashi, tepatnya di kota Kofu. Kota Kofu adalah kota yang menjadi pusat pemerintahan salah satu Samurai legendaris Jepang, yaitu Takeda Shingen. Disana kami mengunjungi universitas Yamanashi Gakuin dan SMA Kofu Daiichi dan tempat pembudidayaan strawberry. Disana kami diajarkan bagaimana cara membudidayakan strawberry dan sekaligus memetik langsung strawberry dari pohonnya. Wow, strawberrynya berbeda dengan jenis strawberry yang pernah saya makan, besar sekali.
Ketika di Universitas Yamanashi Gakuin kebetulan saya ditunjuk sebagai perwakilan mahasiswa dari Indonesia untuk mengucapkan kata sambutan. Yang sangat berkesan bagi saya adalah dapat berbagi pengetahuan tentang beladiri Jepang kepada Mahasiswa club Judo universitas Yamanashi Gakuin. Ketika di SMA Kofu Daiichi pun saya mendapatkan kesempatan ditunjuk sebagai MC di acara ramah tamah sekaligus pengenalan budaya Indonesia selama 3 jam lebih. Setelah itu dilanjutkan dengan pengenalan ekstra kurikuler sekolah meliputi menulis kaligrafi (Shodo), Upacara Minum teh (Shado) dan pertunjukan acapela dari Siswa Kofu Daiichi. 

Bersama host family

Setelah itu kami dipertemukan dengan keluarga homestay masing masing, saya sempat shock karena tidak ada anak perempuan seumuran di keluarga homestay saya hahaha. Selama di rumah keluarga homestay, kami saling berdiskusi banyak hal mengenai budaya, sejarah maupun isu-isu agama yang sedang hangat terjadi. Pengalaman yang sangat berharga bagi saya karena dapat menambah wawasan saya. Saat-saat perpisahan dengan keluarga homestay pun, saya sempat menangis karena tak kuasa menahan haru untuk berpisah. Kebaikan mereka akan selalu saya kenang, dan juga kenangan bersama salah seorang siswa SMA Kofu Daiichi.

1 comment:

  1. chung cư newskyline
    dịch vụ làm báo cáo tài chính
    chung cư hateco hoàng mai
    chung cư hà nội

    dịch vụ hoàn thuế gtgt
    dịch vụ kế toán thuế trọn gói
    dịch vụ quyết toán thuế
    khoá học kế toán thuế
    trung tâm kế toán o Tiểu Bạch. Sau khi tắm xong, Tiểu
    Bạch xem ra so với trước kia còn xinh đẹp hơn gấp nhiều lần. Bộ lông
    trắng muốt càng thêm sáng bóng, hơn nữa tinh thần lại càng thêm phấn
    chấn. Nhìn khí chất của Tiểu Bạch khác hẳn bình thường, Đoạn Vân mơ mộng
    ngay : ngày nào đó ta cũng sẽ uống một viên, để xem ta có biến thành
    phong quang đẹp trai được hay không. Sau này chẳng phải là có rất nhiều
    cô gái theo đuổi ta, ai dà ! Cũng không cần nhiều quá. Bị nhiều người
    say đắm chẳng phải là phiền chết sao.

    Chỉ có điều cái tên không hề có ma lực là Đoạn Vân không thê phát hiện
    ra Tiểu Bạch đã có biến hóa về bản chất. Đó là một loại biến hóa về lực
    lượng, hơn nữa Đoạn Vân cũng còn không thể biết là hắn trong lúc vô ý
    luyện hóa tẩy tủy lại có hiệu quả làm cho ma lực hoặc đấu khí có những
    nội liễm nhất định .

    "Vân nhi, Vân nhi !" Tiếng gọi của lão đầu làm Đoạn Vân từ trong cõi mơ
    mộng bẩn thỉu phục hồi lại tinh thần .

    Lão đầu trở lại rồi, được rồi, để ta cho lão đầu ăn một khỏa, xem có thể
    làm lão khôi phục ma
    dịch vụ báo cáo thuế

    dịch vụ kế toán nội bộ
    dịch vụ dọn dẹp sổ sách kế toán
    chung cư eco green city
    kế toán cho giám đốc
    khoá học kế toán tổng hợp

    ReplyDelete