Tuesday 24 February 2015

Dia Ingat Kuliah di Saat-saat Terakhirnya

Pendidikan Bahasa Jepang
Universitas Negeri Semarang



Hari ini keluarga besar Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang telah kehilangan salah satu anggota keluarga. Namanya Kartika Hernita. Mahasiswa angkatan 2013.

Pagi 24 Februari 2015, saya mendapat kabar duka. Kartika Hernita telah meninggalkan kita untuk selamanya pada hari ini pukul 01.00 dini hari. Siangnya sekitar pukul 11 saya bersama dua teman dosen, pembantu dekan bidang kemahasiswaan, ketua hima, dan beberapa orang mahasiswa pergi ke Pemalang untuk takziah. Tidak susah mencari alamat almarhumah. Setibanya di rumah yang pertama menyambut adalah kakaknya yang awalnya seperti kebingungan karena tidak mengenal kami. Setelah saya memperkenalkan diri bahwa kami dari Unnes, dia memberi tahu anggota keluarga lainnya setengah mau menangis. Orang berikutnya yang menyambut kami adalah ibu almarhumah yang langsung menangis sambil memintakan maaf apabila almarhumah pernah berbuat kesalahan. Saya hanya bisa ikut menangis sambil memeluk beliau meskipun saya tahu bahwa itu tidak bisa mengurangi rasa dukanya.
Setelah semua bersalaman dan duduk, kemudian ayahanda almarhumah menceritakan kronologi sejak hari sabtu alhmarhumah dibawa ke rumah sakit, lalu kondisinya memburuk sampai akhirnya meninggalkan dunia ini. Dalam ceritanya ayahanda Kartika mengatakan bahwa beliau tidak percaya telah kehilangan anak perempuan satu-satunya. Beliau membayangakan kalau punya anak perempuan itu melewati proses sekolah, menjadi remaja, kuliah, punya pacar, diwisuda, menikah, lalu punya cucu. Belia bercerita dengan wajah senyuman yang menurut saya adalah senyuman pahit.
Ketika pamit pulang ibunda alhmarhumah sambil menangis meminta maaf lagi untuk anaknya. Kali ini meskipun ikut menangis saya mampu mengeluarkan kata-kata bahwa kami juga kehilangan dan kami mohon maaf jika pernah berbuat salah kepada Kartika. Dalam dialog sambil pamitan itu ibunya mencengkram pangkal lengan saya kuat sekali sambil agak mengguncang-guncang badan saya beliau bercerita bahwa ketika masih di rumah sakit almarhumah meminta pulang karena ingin berkemas mengingat beberapa hari lagi sudah harus kembali ke kampus. Kata hati saya, bahkan ketika meregang nyawa pun dia masih semangat untuk kuliah. Padahal dia sudah sejak pertengahan semester satu tidak masuk kuliah karena sering sakit.
Saya membayangkan ketika Kartika tidak masuk kuliah selama ini pasti dia sangat merindukan kegiatan belajarnya di Unnes. Hal ini terbukti dengan kata-kata yang dikeluarkannya di saat terakhirnya.
Dalam kesempatan ini melalui media ini saya ingin menyampaikan amanat dari keluarga Kartika, siapapun yang mengenal dan pernah bergaul dengannya, mereka mohon jika Kartika pernah berbuat kesalahan mohon dimaafkan.
Kartika Hernita, semoga arwahmu diterima di sisi Allah. Semoga amal ibadahmu diterima-Nya dan mendapat balasan surga-Nya. Semoga Allah mengampuni segala kekhilafan yang pernah ada baik disengaja maupun tidak. Semoga semangatmu menuntu ilmu selalu hadir dalam setiap diri teman-teman, kakak kelas, dan adik kelasmu dan kami guru-gurumu.
Amin ya robbal alamin…..

3 comments:

  1. ikut sedih dan terharu, sensei. cerita hidupnya memberikan semangat

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum terima kasih banyak kami haturkan dari keluarga kartika hernita kepada civitas akademika prodi pend bhs jepang unnes mohon maaf apabila di masa ospek kuliah ataupun kegiatan kampus lainnya adik saya kartika ada salah atau kekurangan baik pada staff pengajar administrasi dan teman-teman hima prodi pend bhs jepang unnes arrigato wassalam

    ReplyDelete
  3. khoá học kế toán excel
    forum rao vat
    mu private
    trung tâm dạy kế toán tại tphcm
    dịch vụ kế toán trọn gói


    diamond bay resort
    chung cư hoà bình green city
    chung cư five star kim giang
    khoá học kế toán tổng hợp m ăn trộm hả !" Mạc dạng của Tiểu Bạch làm
    Đoạn Vân nhớ tới hình dáng của Diệp Cô Thành khi uống thử thuốc. Tiểu
    Bạch hiển nhiên đã ăn trộm tẩy tủy đan của Đoạn Vân rồi nuốt sạch rồi.

    Đoạn Vân vội vàng xem lại một chút, lại thiếu ba lạp. Tiểu Bạch dám to
    gan ăn một hơi ba lạp! Bộ tưởng đồ khuyến mãi sao chứ? Theo như Đoạn Vân
    phỏng chừng thì người bình thường chỉ cần ăn một viên đã coi như quá sức
    chịu đựng rồi. Tiểu Bạch thoáng cái đã ăn ba lạp, vậy không phải là uống
    thuốc quá liều sao? "Tiểu Bạch, nhanh lên. Ta phải cho ngươi đi vệ sinh
    rồi rửa ruột, ngươi một ăn hơi ba lạp, chắc chắn không ngộ độc cũng rối
    loạn tiêu hóa đến nơi rồi ! Nhanh lên đi, chậm là coi như không kịp đó ."

    Thấy Đoạn Vân có vẻ rất khẩn cấp, Tiểu Bạch gãi gãi đầu không hiểu ý gì,
    nhảy lên vài cái, ra hiệu mình không có việc gì. Đoạn Vân ngẫm nghĩ rồi
    cảm thấy chắc không sao. Đã ăn lâu như vậy rồi mà chưa có phản ứng gì
    cả, thì chắc là sẽ không đã xảy ra chuyện gì đâu! Đoạn Vân thở phào một
    hơi. May quá, bằng không sủng vật duy nhất của Đoạn Vân coi như tiêu đời .

    Đoạn Vân cẩn thận tắm rửa kỳ cọ ch

    trung tâm kế toán tại hải phòng
    học kế toán tại bắc giang
    học kế toán tại thanh xuân
    học kế toán tại bắc ninh
    chung cư eco green city
    dịch vụ báo cáo tài chính

    ReplyDelete