Penelitian ini bertujuan untukmengetahui efektivitas pengajaran secara induktif pada perubahan kata kerja bentuk ~masu kedalam kata
kerja bentuk ~te bagi siswa SMA.Dalam penelitian ini, peneliti
menggunakan penelitian eksperimen yaitu menguji keefektifan metode induktif dalam pengajaran perubahan kata kerja bentuk ~te.
Berdasarkan
hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode induktif efektif
digunakan dalam pengajaran perubahan kata kerja bentuk ~te pada siswa
kelas XII SMA Negeri 7 Cirebon. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang
dicapai responden pada tes yang diberikan. Rata-rata nilai pada kelas
eksperimen yaitu 8,1 sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-ratanya
yaitu 7,3.
The aims of this study is determine the
effectiveness of teaching inductively in the form of the ~ masuverb
changes to verb form~ tefor high school students. In this study used
experimental design that test the effectiveness of the inductive method
in teaching change ~ te form of verbs. Based on this research, it can be
concluded that the inductive method is effectively used in teaching
change ~ te form of verbs in the class XII students SMA 7 Cirebon. It
can be seen from the results achieved in tests given respondent. The
average value of the experimental class is 8.1, while the control class
average rating is 7.3.
Sumber : PENGGUNAAN METODE INDUKTIFDALAM PENGAJARAN KATA KERJA BENTUK ~TE DI SMA NEGERI 7 CIREBON
Oleh : Septi Ayu
Klik untuk mendownload full text article
Pendidikan Bahasa Jepang
Universitas Negeri Semarang
No comments:
Post a Comment