Bukti bahwa seseorang telah belajar ialah terjadinya perubahan
tingkah laku pada orang tersebut.Misalnya dari tidak tahu menjadi tahu,
dari tidak mengerti menjadi mengerti. Hasil belajar akan tampak pada
setiap perubahan pada aspek-aspek tersebut. Namun pasti ada kendala
setiap proses pembelajaran, baik dari faktor sekolah, guru maupun murid.
Bagi pembelajar bahasa Jepang sebagai bahasa asing, bukan hal yang
mudah untuk mempelajari dan menguasai bahasa Jepang. Hal tersebut salah
satunya dipengaruhi penguasaan bahasa ibu tertentu yang sudah terdapat
dalam dirinya. Hal ini terjadi pada siswa SMA Islam Sudirman Ambarawa
yang mengalami kesulitan mempelajari bahasa Jepang.
Dari hasil tes
diidentifikasikan 28.1% siswa mengalami kesulitan di huruf hiragana, 65%
kesulitan katakana, 37,5% kesulitan kanji, 53,1% kesulitan pola kalimat
dan 46,6% kesulitan partikel. Adanya perbedaan struktur bahasa menjadi
faktor utama siswa mengalami kesulitan mempelajari bahasa jepang dengan
presentase tingkat kesulitan 48,3%, kemudian adanya faktor perbedaan
huruf dengan presentase tingkat kesulitan 44,4%.
The evidence
that a person has learned is there are change in the person’s
behavior.For example, from not knowing to knowing, from not
understanding to understanding. The results of study will look at any
changes in these aspects. But surely there are obstacles every learning
process, both of these factors, teachers and students. For learning
Japanese as a foreign language, not an easy thing to learn and master
the Japanese language. This is one of them influenced certain mastery of
the mother tongue has been found in him. This happens at high school
students Sudirman Ambarawa Islam who have trouble learning Japanese. The
test results identified 28.1% of students have difficulty in letter
hiragana, 65% in letter katakana letter, 37.5% in kanji, 53.1% in the
sentence patterns and 46.6% in particles. The structure defferences of
language becomes a major factor,so the students have trouble learning
Japanese until 48.3%, then difficulty percentage of the letter
differences factor average 44.4%.
Sumber : Identifikasi Kesulitan Mempelajari Bahasa Jepang pada Siswa SMA Islam Sudirman Ambarawa
Oleh : Septian Hardiansyah
Klik untuk mendownload Full Text Article
Pendidikan Bahasa Jepang
Universitas Negeri Semarang
No comments:
Post a Comment