Friday 6 December 2013

Surat dari Dyah Asih Pramawita, Penerima Monbusho D2 専門学校 2014

Dyah Asih Pramawita
Pendidikan Bahasa Jepang
Universitas Negeri Semarang
Angkatan 2008

Terima kasih banyak Ai Sensei...

Bingung mau bales apa,,, 

Makasih ucapan dan doanya,, minna arigatou,,,, ini buat saya kaya keajaiban,, T_T

Terutama buat Senseigata yang udah ngasih ilmunya, makoto ni arigatou gozaimasu...... Smua ini berkat ilmu dari Sensei2 smua... 

Adek2 semangat,,, 
Ga ada yang ga mungkin,, coba smua kesempatan belajar gratis ke jepang..  Saya masi ga yakin ini kejadian,, iya, smua keliatan mimpi sampai bener2 kejadian...,

Doain yaa,, pemberkasannya lancar, dan ga ad masalah biar bisa ke jepang beneran,,, 

Awalnya pendaftaran lewat internet, isinya nanyain Nilai2 SMA,rata2 UAN, dan jurusan di sma dulu. Setelah itu diseleksi, yang kepilih ikut tes tertulis, dan disuruh ngirim ijazah dll, sama surat rekomendasi dr SMA ke JF. 

Setelah itu test tertulis,, ada 3 yg diujikan, MTK, BHS inggris, ma bahasa jepang(bahasa jepang baru ada taun ini) ini salah satu jg keberuntungan saya yg lemah MTK dan bhs Inggris, maklum ketemu MTK semacam SNMPTN terakhir kali 5 tahun yg lalu, pake bahasa Inggris pula. Jadi beruntungnya saya, test bahasa jepang nilainya cukup bagus (kayaknya)

Kemudian test wawancara, pas wawancara: 3 orang penanya 1 nihonjin, 2 orang indonesia dan 5 orang peserta, satu persatu ditanya, pertanyaanya sama, pertanyaanya seputar, visi misi dijepang, kenapa pgn ke jepang, apa yg bikin suka jepang. Dan skarang N berapa?
(Saya masih blm percaya, krn sebelah2 saya sudah N1 dan N2), kebanyakan ibu bapak mereka di jepang kuliah, dan mreka jg tinggal disana tahunan. 

Tips: Pilih bidang studi yg sedikit saingannya. Kemungkinannya lebih besar. Dan kuatin test bahasa jepangnya, meskpun MTK, dan bhs Inggris lemah, bahasa jepang bisa jadi tambah2 timbangan. Saya rasa gitu. Karena saya yakin matematika dan bahasa inggris saya  lemah. 

Ini yang bisa saya share sedikit. Maap kalo ada yang salah dan ga berkenan. Semoga adek2 semangat terus,, jangan takut mencoba. 
Doain ya, pemberkasannya berjalan lancar... Aamiiin...

1 comment: