Tuesday 10 December 2013

[Suara Alumni] Oky Laksmana Hanggar Kusuma

Hallo Minasan, selamat malam (pada saat artikel ini di tulis) . Kali ini Suara Alumni PBJ menghadirkan figur cowo pertama yang mengirimkan curhat kesan dan pesannya. Cowok cool bin keren yang konon dulu emaknya ngidam makan kacang panjang di kereta ini bernama Oky Laksmana Hanggar Kusuma (panjang kan kaya kereta). Ya beliau adalah alumni PBJ angkatan 2008. Kelebihan beliau adalah determinasi dan keinginannya untuk maju, cita2xnya adalah "Pergi Ke Jepang" (klise ya) untuk belajar (nah ini luar biasa). Cowok yang ga gengsian ini sekarang sedang menyusun puzzle mimpinya untuk ke Jepang. Yu simak profil singkat dan kesan pesannya buat viewer PBJ.

Nama : Oky Laksmana Hanggar Kusuma
Angkatan : PBJ UNNS 2008

Kompetisi :
1. Kanji Cup 2008

2. Japanese Speech Contest (Yogyakarta)
3. Japanese Short Story Competition
PS : Katanya sih, walau ga pernah juara 1, tapi lumayan mejeng di CV.
Pekerjaan : Company Interpreter @ AISIN Indonesia

Kesan Selama di PBJ


Waktu kuliah alhamdulillah ane dipertemukan dengan teman2 yang sangat baik bin ga ada yang sombong sama sekali. Apalagi ane ketemu sama temen2 yang agak nyeleneh atau bisa dikatakan mengo dalam bahasa Jawa. Tapi semuanya selalu baik dan enak d ajak belajar bahasa Jepang. Lingkungan pertemanan itulah salah satunya yang mendukung ane selama kuliah. 

Utamanya pastilah dari sensei-sensei yang mengajar dengan karakter masing masing dan kombinasi tiap karakter tersebut menjadi pelengkap antara satu dengan yang lain.
Terimakasih buat sensei semua yang sudah mengajar, membimbing dan menempa ane selama bertahun tahun dengan sabar,,hehe (karena kalo yang tau ane emang anaknya kesannya urakan, bandel, semaunya sendiri dan volume suaranya kenceng)
Dan akhirnya bisa lulus juga.... (walo telat hehehe)

Selama kuliah banyak pengalaman yang seru, menegangkan, menyenangkan menyebalkan dan masih banyak lagi.
Dari yang tidur di selasar kereta ekonomi buat ikutan kanji cup, ujan2nan selama pulang pergi buat ikutan speech contest, jalan-jalan sama orang jepang, sampe gagal berangkat ke Jepang juga udah pernah... Tapi hal tersebut belum pernah menyurutkan semangat ane dalam belajar bahasa Jepang. 


Pesan buat Kohai dan Viewer 

Sebenarnya belum pantes kasih saran buat yang lain karena masih banyak yang bahasa Jepang dan prestasi-prestasinya sudah tingkat dewa-dewi. Kalo ane Cuma bahasa jepang tingkat RT mungkin.hehehehe

Ini sekedar sharing aja tentang pekerjaan ane sekarang,,,
alhamdulillah sekarang ane bekerja sbg interpreter (walo msh newbie) d salah satu perusahaan d cikarang. Namanya PT AISIN yang msh termasuk dari astra group... nihonjin di sini sekitar 20an sebagai advisor dan itu belum termasuk kalau ada tamu/customer dari perusahaan lain. Di sini kerjaannya nerjemahin kalo orang jepang ngomong n kadang d minta buat nerjemahin kalo ad mesin atau project baru..

Biasanya ikut ke gemba kalau pas dipanggil, ikut asakai (semacam meeting/briefing pagi), dan menerjemahkan tentang jadwal dan rencana-rencana perusahaan.
dlu ane nglamar lewat jobstreet,, trs waktu interview ada beberapa saingan . Ada beberapa anak unpaj n anak binus juga (univ2 terkenal lah),,pas kepo nanya2 ke mereka c rata2 udah pada lulus n2 gan,,sebenernya sempet minder duluan karena ane cuman lulusan n3. 

Tp pas interview dengan shachou dengan penuh kejujuran ane bilang kalo kosakata tentang sparepart mesin dsb belum menguasai, dan ane mau belajar d sini,,dan ternyata  temen2 dr univ lain yang ngelamar td enggak keterima. Dan alhamdulillah ane keterima. 

Intinya gni gan perusahaan ga butuh orang yang pinter tapi cuma stag d level tsb,,tapi mereka lebih butuh orang yang mau belajar dan terus belajar. Setelah ane baca-baca referensi ternyata memang demikian. Perusahaan akan berkembang bila karyawannya adalah orang yang mau belajar dan terus belajar. Itu berlaku untuk semua karyawan termasuk kalo udah jadi manager atau jabatan apapun.
 buat para agan dan aganwati kohai yang msh belajar bahasa jepang harus tetep semangat...karena ga bakal nyesel belajar bahasa jepang,,

 hidup adalah proses, hidup adalah belajar,
tanpa batas umur, tanpa ada kata tua,
jatuh berdiri lagi, kalah coba lagi, gagal bangkit lagi
七転(ななころ)八起(やお)き。
never give up sampe Tuhan berkata  “waktunya pulang”




Pendidikan Bahasa Jepang
Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment