Wednesday 13 March 2013

[Event] Nihon Matsuri 2013



PENDAHULUAN
Seiring berkembangnya pendidikan bahasa di Indonesia, bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa asing yang memiliki banyak peminat. Hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya lembaga pendidikan baik formal maupun non formal yang menyelenggarakan pendidikan bahasa Jepang. Pelaksanaan pendidikan di Indonesia yang sudah memasukkan pendidikan bahasa Jepang dalam pendidikan formal mulai dari tingkat atas (SMA). SMA yang melaksanakan pendidikan bahasa Jepang juga semakin banyak.

Melihat hal itu, kami sebagai mahasiswa prodi pendidikan bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang, bermaksud menyediakan wadah apresiasi bahasa Jepang siswa-siswi SMA atau sederajat di Jawa Tengah pada khususnya melalui berbagai macam lomba bahasa Jepang yang tergabung pada serangkaian acara tahunan ”Nihon Matsuri 2013”. Lomba tersebut meliputi Lomba Cerdas Cermat Bahasa Jepang, Kana Kontes (membaca huruf Jepang), dan Nihongo no Mini Drama Kontes (kontes mini drama bahasa Jepang).
Melalui lomba-lomba tersebut, kami berharap siswa-siswi SMA atau sederajat bisa mengasah kemampuan bahasa Jepang mereka. Selain itu, dengan adanya lomba ini diharapkan bisa saling berbagi pengalaman dan menjalin silaturahmi diantara SMA atau sederajat se-Jawa Tengah.


NAMA KEGIATAN
Serangkaian acara dan Lomba Bahasa Jepang SMA se-Jawa Tengah FBS UNNES 2013 ini bernama “Nihon Matsuri 2013”,  yang bertemakan ‘HARAPAN dan KESETIAAN” dengan judul acara Yume no Chikara.

TUJUAN KEGIATAN
1. Menyaring pelajar tingkat SMA atau sederajat yang berpotensi dalam  keilmuan bahasa Jepang
2. Memfasilitasi siswa SMA se-Jawa Tengah untuk mengembangkan kemampuan bahasa Jepang.
3. Menunjukkan dukungan prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES terhadap pendidikan Bahasa Jepang tingkat SMA di Jawa Tengah.
4. Menjalin persaudaraan antar pelajar dan pengajar se-Jawa Tengah.
5. Mengenalkan prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang kepada siswa SMA khususnya dan masyarakat umum.

WAKTU DAN TEMPAT
Nihon Matsuri 2013 “ Yume no Chikara” akan di selenggarakan pada:
Hari : Sabtu
Tanggal : 20 April 2013
Tempat : Gedung B6, Fakultas Bahasa dan Seni UNNES
 

Pendidikan Bahasa Jepang
Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment