Sunday 16 November 2014

Perjalanan Menuju Seifu

Tanggal 6 November 2014, saya Ketua Program Study Pendidikan Bahasa Jepang bersama Dekan, Pembantu Dekan Bidang Akademik dan Pembantu Dekan Bidang Umum dan Keuangan, bertolak ke Osaka Jepang untuk memenuhi undangan dari Seifu Institute of Information Technology (Seifu Gakuin). Kami berempat berangkat ke sana untuk mendiskusikan MoU (Memorandum of Understanding) dan MoA (Memorandum of Agreement), setelah sebelumnya kepala sekolah Seifu Gakuin mendatangi Universitas Negeri Semarang sebanyak dua kali.
Kedatangan kami disambut mulai di bandara Kansai pagi hari sekitar pukul 8.30 waktu setempat lalu dalam perjalanan menuju Seifu kami dibawa mampir ke Osaka-Jo (benteng Osaka). Di sana kami menikmati pemandangan pohon-pohon yang daunnya mulai berubah menjadi kuning dan merah.
Kami tiba di kampus Seifu, di sana guru-guru dan staf serta beberapa orang pelajar sudah berjejer dengan spanduk dan bendera Jepang-Indonesia, sungguh sebuah sambutan yang meriah. Pihak Seifu membungkuk dengan wajah berseri menyambut kami dan pihak Unnes menyalami mereka satu persatu. Hal ini menjadi sebuah peristiwa pembauran dua budaya yang berbeda.
Di bandara disambut kepala sekolah dan istri

Kami masuk ke dalam kampus dan setiap bertemu staf atau pelajar selalu mendapat anggukan hormat dan salam "otsukaresamadesu" yaitu salam yang biasa diucapkan untuk menghargai jerih payah orang lain dalam bekerja. Kami masuk di ruang direktur, sebelum masuk saya disambut istri direktur yang mengatakan "Maaf anak saya merepotkan Anda". Hal ini beliau ucapkan karena sebelum kunjungan ini, anaknya yaitu kepala sekolah Seifu, datang ke Unnes dan sayalah yang mengurus semuanya. Saya jawab "Sayalah yang banyak merepotkan selama ini", saya pertama kali mengunjungi Seifu bulan Januari dan merepotkan pihak Seifu. Saya mendapat perlakuan yang sangat istimewa, kalau mau oleh-olehnya masih ada, silakan klik ini.
Singkat cerita, kami langsung diskusi mengenai poin-poin kerja sama yang akan kami jalin antara Prodi Pendidikan Bahasa Jepang FBS Unnes dengan Seifu Gakuin. Kami berdiskusi cukup alot sampat tidak terasa waktu sudah sangat sore dan menurut jadwal harusnya kami masuk pada acara diskusi dengan pelajar Indonesia yang sekolah di situ. Diskusi kerjasama kami hentikan dan setelah kami ijin menggunakan tempat tersebut untuk shalat, saya dan pejabat dekanat shalat berjamaah dzuhur dan ashar dijama. Setelah selesai shalat kami menemui para pelajar yang sudah menunggu lama karena waktu diskusi untuk membicarakan MoA mulur. Kami cuma mendapat kesempatan berbincang dengan mereka beberapa menit saja karena harus sudah meninggalkan kampus Seifu untuk menuju tepat makan malam. Masih banyak yang ingin kami tanyakan mengenai bagaimana sekolah di sana karena ini penting sehubungan mulai tahun depan (2015) pihak kami akan mengirim maksimal 4 orang mahasiswa yang akan belajar di sana.
Kami dibawa ke sebuah restoran yang ternyata restoran tersebut sudah berdiri sejak lama. Model bangunannya pun masih model bangunan Jepang jaman perang dunia II. Di sana masih ada sebuah ruang yang dulunya sebagai gudang penyimpanan. Kalau Anda pernah lihat film Memoar of Geisha adegan penyimpanan kimono, seperti itulah gudang pada restoran ini.
Di sana kami mendapat hidangan mewah sushi, sashimi, dan shabushabu. Direktur dan istri serta beberapa guru ikut hadir, dan setelah direktur memberikan sambutan kami melakukan kanpai lalu mulai makan.

Setelah makan, kami menuju tempat menginap untuk istirahat.
Pagi harinya setelah sarapan kami dijemput sekitar pukul 6.30 untuk kembali menuju Seifu untuk melanjutkan pembicaraan MoA. Dalam perjalanan kami mampir ke SMP-SMA Seifu yang merupakan salah satu sekolah lain yang dikelola oleh keluarga Hiraoka pemilik Seifu. Kami menyaksikan do'a pagi dan melihat-lihat fasilitas yang ada lalu diakhiri dengan diskusi dengan kepala sekolah dan direktur sekolah tersebut. Cuma sebentar kami di sana, lalu melanjutkan perjalanan menuju Seifu. Kami melanjutkan diskusi yang tertunda kemarinnya. Hari ini pun diskusi masih alot dan alhamdulillah akhirnya pada saatnya jam makan siang MoU dan MoA pun ditandatangani kedua belah pihak.

Dari kiri: Prof. Dr. Agus Nuryatin (dekan FBS Unnes),
Dr. Tatsuto Hiraoka (Direktur Seifu), Prof. Dr. Norito Hiraoka (Kepala Sekolah Seifu)
Setelah selesai acara penandatangan MoU dan MoA, kami makan siang dan belanja oleh-oleh sedikit di Dotonbori lalu pulang ke hotel.
Keesokan harinya kami mendapat bonus wisata ke Koyasan. Di sana cuaca sangat dingin (sekitar 12 derajat) tapi pohon-pohon yang daunnya memerah sangat indah sekali.
Setelah seharian menikmati Koyasan dan mengelilingi Oku no In, keesokan paginya senin 10 November kami pulang ke tanah air membawa berita gembira untuk mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang. Mulai tahun 2015 akan ada beasiswa untuk belajar selama satu tahun di Osaka dan bahkan bisa PPL (praktek mengajar) di salah satu SMA Seifu.

Ai Sumirah Setiawati

1 comment:

1. dịch vụ dọn dẹp sổ sách
    dịch vụ kế toán trọn gói eco green city
    học kế toán tại hải phòng
    khoá học kế toán tổng hợp
    lực lại hay không.

"Lão đầu sư phó, ta có đồ tốt biếu cho lão đây ." Đoạn Vân xô cửa, vừa
    đi vừa gào lên .

Chỉ thấy Phổ Hi Kim mặc ma pháp trường bào đang đứng nói chuyện với một
    cô gái khí chất xa hoa quý phái, hơn nữa nhìn thoáng qua cũng có thể
    thấy hai người có quan hệ không tệ lắm. Lão đầu không phải nói là lão
    không có con gái sao? Vậy cô gái kia là ai? Chẳng lẽ ...

"Vân nhi có vật gì tốt muốn đưa biếu cho vi sư hả? Ha ha. Tới đây, ta
    giới thiệu với ngươi một người. Vị này là Tam Công Chúa của Thiên Long
    Đế Quốc chúng ta, công chúa Khải Sắt Lâm. Trước kia nàng từng là đệ tử
    của ta, hơn nữa ma pháp thiên phú của Khải Sắt Lâm rất cao, bây giờ đã
    là Đại ma pháp sư rồi. Tất cả bạn cùng trang lứa không có bao nhiêu
    người được như vậy đâu." Lão đầu giới thiệu một cách hưng phấn .
    học kế toán tại long biên
    trung tâm kế toán tại hà đông
    dịch vụ làm báo cáo tài chính
    dịch vụ kế toán thuế trọn gói
    chung cư eco green city

chung cư goldmark city
    chung cư 89 phùng hưng
    dịch vụ kế toán trọn gói