Monday 23 July 2012

Informasi CPNS 2012 Tenaga Kependidikan PTN

Dalam tahun anggaran 2012 ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan mengangkat Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk mengisi kebutuhan dosen pada 73 Perguruan Tinggi (PT) se-Indonesia

Pengumuman lebih lanjut mengenai Tata Cara Pendaftaran, jumlah dan Kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan, serta jadwal pendaftaran dan seleksi dapat dilihat pada masing-masing perguruan tinggi negeri setempat atau melalui www.kemendikbud.go.id

Berikut ini adalah kutipan artikel mengenai gosip yang santer terdengar belakangan ini, bahwa seleksi penerimaan CPNS 2012 akan dilaksanakan serentak dengan menggunakan sistem yang mirip seperti ujian nasional maupun SNMPTN.
Pelaksanaan Seleksi penerimaan CPNS 2012 menurut rencana akan dilaksanakan pada tanggal 8 september 2012 di sekitar 90 titik. Ujian tersebut akan memperebutkan 14.560 Formasi PNS yang dibutuhkan 48 Instansi Pemerintah, serta pendidikan kedinasan sebanyak 4.126 Formasi.

"Untuk tenaga honorer yang sudah tidak ad komplain, akan diproses terlebih dahulu", ujar Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian PAN dan RB Ramli E Naibaho dalam jumpa pers di Jakarta.
Dikatakan, tahun ini hanya 23 instansi pemerintah pusat dan 25 pemerintah daerah yang memenuhi syarat melakukan penerimaan CPNS untuk jabatan yang dikecualikan dari moratorium. Padahal anggaran APBN 2012 dialokasikan untuk penerimaan 62.560 CPNS, tetapi hanya terserap 14.560 orang. Jumlah tersebut terdiri dari 11.870 untuk instansi pusat dan 2.681 untuk pemerintah daerah.

Semula ada 119 Instansi yang mengusulkan permohonan CPNS untuk tahun 2012. Untuk pusat sebanyak 59 Instansi, dan daerah sebanyak 47, sehingga jumlah permohonan formasi mencapai 76.000 lebih. Namun berdasarkan kebijakan Moratorium, setiap instansi harus melengkapi usulan itu dengan analisis jabatan dan analisis beban kerja sesuai ketentuan yang berlaku. Bagi daerah yang sudah kelebihan pegawai juga tidak boleh.

Untuk pemerintah daerah, anggaran belanja pegawai tidak boleh lebih dari 50% dari APBD. Dalam hal ini, acuannya adalah data dari Kementerian Keuangan. (Ramli E Naibaho - Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PAN dan RB)

Dalam pelaksanaan seleksi penerimaan CPNS 2012, Ramli mengatakan materi adalah kompetensi dasar, yang meliputi unsur-unsur kebangsaan, intelegensia umum, karakter pribadi, integritas. sedangkan kompetensi bidang dilakukan oleh masing-masing instansi. "Kalau guru, yang mengatur adalah Kementerian Pendidikan, Dokter atau tenaga medis oleh Kementerian Kesehatan".

Untuk Ujian seleksi penerimaan CPNS 2012 ini dibuat oleh 10 konsorsium perguruan tinggi negeri (PTN), yang tergabung dalam panitia Nasional. "Nanti semua peserta Ujian Seleksi Penerimaan CPNS 2012 akan mengetahui nilainya, jadi sangat Fair" Ujar Ramli.

Sekretaris Kementerian PAN dan RB- Tasdik Kinanto mengingatkan agar warga masyarakat tidak berhubungan dengan pihak-pihak yang mengaku bisa meloloskan Seleksi Penerimaan CPNS dengan imbalan sejumlah uang. Kementerian PAN dan RB sudah menggandeng Indonesian Corruption Watch (ICW), Ombudsman RI, dan segenap LSM untuk turut mengawasi Seleksi Penerimaan CPNS 2012 ini"

No comments:

Post a Comment