Kepedulian pemerintah Jepang bagi kemajuan generasi muda Indonesia begitu besar. Kedutaan Besar Jepang di Jakarta kini menawarkan Beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho) kepada siswa-siswi Indonesia lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas (S-1), College of Technology (D-3) atau Professional Training College (D-2) di Jepang mulai tahun akademik 2013 (April 2013).
Seperti dikabarkan Kedutaan Jepang di Jakarta, pelamar hanya bisa mendaftar 1 (satu) program entah itu S-1, D-3 atau D-2. Masa pendaftaran: Mulai tanggal 14 Mei s/d 15 Juni 2012 , hanya pelamar yang memenuhi persyaratan boleh mendaftar.
Pihak kedutaan tidak mengatakan bahwa syarat-syarat yang dibutuhkan untuk meraih beasiswa ini tidak lah begitu rumit. Berikut ini syarat-syaratnya:
(1) Lahir antara tanggal 2 April 1991 dan tanggal 1 April 1996.
(2) Nilai rata-rata ijazah atau rapor kelas 3 semester/cawu terakhir minimal:
- 8,4 untuk program S-1
- 8,0 untuk program D-3
- 8,0 untuk program D-2
(3) Pelamar harus lulus dari SLTA, atau akan lulus maksimal 31 Maret 2013.
(4) Formulir pendaftaran beasiswa bisa didownload dari website resmi Kedutaan Jepang di http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_slta.html. Formulir yang sudah diisi bisa diantar atau dikirimkan via pos ke Kedutaan Besar Jepang atau Konsulat Jenderal Jepang, lengkap dengan fotokopi rapor, ijazah, dan nilai ijazah sampai tanggal 15 Juni 2012. Jika pada saat penutupan (15 Juni 2012) nilai ijazah asli belum bisa dikeluarkan, maka nilai ijazah sementara dari Kepala Sekolah bisa diterima.
Untuk keterangan lebih lanjut, silakan menghubungi Kedutaan Besar Jepang (Bagian Pendidikan: 021-3192-4308 Ext. 175, 176)
Informasi selengkapnya:
Syarat, Program dan Prosedur
Application Form
Formulir D2
Formulir D3
Formulir S1
Daftar Field Study/Program Study
D2
D3
S1
Seperti dikabarkan Kedutaan Jepang di Jakarta, pelamar hanya bisa mendaftar 1 (satu) program entah itu S-1, D-3 atau D-2. Masa pendaftaran: Mulai tanggal 14 Mei s/d 15 Juni 2012 , hanya pelamar yang memenuhi persyaratan boleh mendaftar.
Pihak kedutaan tidak mengatakan bahwa syarat-syarat yang dibutuhkan untuk meraih beasiswa ini tidak lah begitu rumit. Berikut ini syarat-syaratnya:
(1) Lahir antara tanggal 2 April 1991 dan tanggal 1 April 1996.
(2) Nilai rata-rata ijazah atau rapor kelas 3 semester/cawu terakhir minimal:
- 8,4 untuk program S-1
- 8,0 untuk program D-3
- 8,0 untuk program D-2
(3) Pelamar harus lulus dari SLTA, atau akan lulus maksimal 31 Maret 2013.
(4) Formulir pendaftaran beasiswa bisa didownload dari website resmi Kedutaan Jepang di http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_slta.html. Formulir yang sudah diisi bisa diantar atau dikirimkan via pos ke Kedutaan Besar Jepang atau Konsulat Jenderal Jepang, lengkap dengan fotokopi rapor, ijazah, dan nilai ijazah sampai tanggal 15 Juni 2012. Jika pada saat penutupan (15 Juni 2012) nilai ijazah asli belum bisa dikeluarkan, maka nilai ijazah sementara dari Kepala Sekolah bisa diterima.
Untuk keterangan lebih lanjut, silakan menghubungi Kedutaan Besar Jepang (Bagian Pendidikan: 021-3192-4308 Ext. 175, 176)
Informasi selengkapnya:
Syarat, Program dan Prosedur
Application Form
Formulir D2
Formulir D3
Formulir S1
Daftar Field Study/Program Study
D2
D3
S1
1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2012;
2. Lulusan tahun 2011 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing- masing PTN;
3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;
4. Kurang mampu secara ekonomi sebagai berikut:
1. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali sebesar-besarnya Rp3.000.000,00 setiap bulan;
2. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp600.000,00 setiap bulannya; dan
3. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4.
5. Untuk peserta seleksi SNMPTN Ujian Tulis dan Seleksi Mandiri harus memiliki potensi akademik memadai, yaitu masuk dalam 30% terbaik di sekolah (semester 4 dan 5 bagi yang akan lulus tahun 2012 atau semester 5 dan 6 bagi lulusan tahun 2011);
6. Khusus SNMPTN jalur undangan hanya diperuntukkan bagi yang akan lulus tahun 2012 serta memiliki prestasi akademik tinggi dan konsisten berdasarkan pemeringkatan oleh Kepala Sekolah, yaitu masuk di dalam peringkat terbaik di sekolah yang sama pada semester 3, 4 dan 5 dengan ketentuan berdasarkan akreditasi (akreditasi sekolah untuk SMA dan MA atau akreditasi jurusan/bidang keterampilan untuk SMK dan MK), dengan rincian sebagai berikut:
1. Akreditasi A: 50% terbaik dan konsisten di semester 3, 4 dan 5;
2. Akreditasi B: 30% terbaik dan konsisten di semester 3, 4 dan 5;
3. Akreditasi C: 15% terbaik dan konsisten di semester 3, 4 dan 5;
4. Lainnya: 5% terbaik dan konsisten di semester 3, 4 dan 5.
7. Pertimbangan khusus diberikan kepada pendaftar yang memenuhi persyaratan 1 s.d. 6, serta mempunyai prestasi ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler paling rendah peringkat ke-3 di tingkat kabupaten/kota atau prestasi non kompetitif lain yang tidak ada pemeringkatan (contoh ketua organisasi siswa sekolah/OSIS);
8. Potensi akademik dan prestasi yang dimaksud pada butir 5 dan 6 dinyatakan dengan surat rekomendasi Kepala Sekolah/Madrasah atau Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sesuai dengan Lampiran 2;
9. Pendaftar difasilitasi untuk memilih seleksi nasional dan/atau seleksi mandiri apabila mendaftar ke:
1. Semua jenis seleksi nasional (SNMPTN Undangan dan/atau Ujian Tulis);
2. Seleksi mandiri di 1 (satu) PTN dengan 2 (dua) program studi pilihan
10. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di perguruan tinggi;
11. Tidak buta warna bagi program studi tertentu.
Sumber lengkap : http://bidikmisi.kemdikbud.go.id/portal/
Prosedur Pendaftaran : http://bidikmisi.dikti.go.id/portal/?p=81
2. Lulusan tahun 2011 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing- masing PTN;
3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;
4. Kurang mampu secara ekonomi sebagai berikut:
1. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali sebesar-besarnya Rp3.000.000,00 setiap bulan;
2. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp600.000,00 setiap bulannya; dan
3. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4.
5. Untuk peserta seleksi SNMPTN Ujian Tulis dan Seleksi Mandiri harus memiliki potensi akademik memadai, yaitu masuk dalam 30% terbaik di sekolah (semester 4 dan 5 bagi yang akan lulus tahun 2012 atau semester 5 dan 6 bagi lulusan tahun 2011);
6. Khusus SNMPTN jalur undangan hanya diperuntukkan bagi yang akan lulus tahun 2012 serta memiliki prestasi akademik tinggi dan konsisten berdasarkan pemeringkatan oleh Kepala Sekolah, yaitu masuk di dalam peringkat terbaik di sekolah yang sama pada semester 3, 4 dan 5 dengan ketentuan berdasarkan akreditasi (akreditasi sekolah untuk SMA dan MA atau akreditasi jurusan/bidang keterampilan untuk SMK dan MK), dengan rincian sebagai berikut:
1. Akreditasi A: 50% terbaik dan konsisten di semester 3, 4 dan 5;
2. Akreditasi B: 30% terbaik dan konsisten di semester 3, 4 dan 5;
3. Akreditasi C: 15% terbaik dan konsisten di semester 3, 4 dan 5;
4. Lainnya: 5% terbaik dan konsisten di semester 3, 4 dan 5.
7. Pertimbangan khusus diberikan kepada pendaftar yang memenuhi persyaratan 1 s.d. 6, serta mempunyai prestasi ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler paling rendah peringkat ke-3 di tingkat kabupaten/kota atau prestasi non kompetitif lain yang tidak ada pemeringkatan (contoh ketua organisasi siswa sekolah/OSIS);
8. Potensi akademik dan prestasi yang dimaksud pada butir 5 dan 6 dinyatakan dengan surat rekomendasi Kepala Sekolah/Madrasah atau Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sesuai dengan Lampiran 2;
9. Pendaftar difasilitasi untuk memilih seleksi nasional dan/atau seleksi mandiri apabila mendaftar ke:
1. Semua jenis seleksi nasional (SNMPTN Undangan dan/atau Ujian Tulis);
2. Seleksi mandiri di 1 (satu) PTN dengan 2 (dua) program studi pilihan
10. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di perguruan tinggi;
11. Tidak buta warna bagi program studi tertentu.
Sumber lengkap : http://bidikmisi.kemdikbud.go.id/portal/
Prosedur Pendaftaran : http://bidikmisi.dikti.go.id/portal/?p=81
SYARAT-SYARAT PENGAJUAN BPPS
1. Staff pengajar/Dosen PNS atau Yayasan yang memiliki NIP ( PNS) atau Nomor Induk ( Yayasan )
2. Dosen Strata-1 atau Strata-2
3. Lulus Seleksi berkas dan diterima di Pps Penyelenggara
4. Diajukan oleh PT Pengirim/Pps Penyelenggara
5. Terdaftar sebagai mahasiswa baru di PPs Penyelenggara atau mahasiswa yang sedang kuliah ( Ongoing) minimal 1 tahun berjalan untuk S2 (Magister) dan 2 tahun berjalan untuk S3 (Doktor)
6. Tidak sedang menerima beasiswa lain
Link terkait Beasiswa BPPS
Term of Reference (TOR)
Tata Cara Pelaksanaan
Pascasarjana Penyelenggara BPPS untuk Magister
Pascasarjana Penyelenggara BPPS untuk Magister dan Doktor
Perguruan Tinggi Calon Penerima BPPS
1. Staff pengajar/Dosen PNS atau Yayasan yang memiliki NIP ( PNS) atau Nomor Induk ( Yayasan )
2. Dosen Strata-1 atau Strata-2
3. Lulus Seleksi berkas dan diterima di Pps Penyelenggara
4. Diajukan oleh PT Pengirim/Pps Penyelenggara
5. Terdaftar sebagai mahasiswa baru di PPs Penyelenggara atau mahasiswa yang sedang kuliah ( Ongoing) minimal 1 tahun berjalan untuk S2 (Magister) dan 2 tahun berjalan untuk S3 (Doktor)
6. Tidak sedang menerima beasiswa lain
Link terkait Beasiswa BPPS
Term of Reference (TOR)
Tata Cara Pelaksanaan
Pascasarjana Penyelenggara BPPS untuk Magister
Pascasarjana Penyelenggara BPPS untuk Magister dan Doktor
Perguruan Tinggi Calon Penerima BPPS
Di dalam pedoman tahun 2012 ini istilah Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM) disesuaikan dengan istilah yang sejalan dengan ketentuan yang ada yaitu menjadi Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (Beasiswa-PPA) dan Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BPP-PPA). Dengan terbitnya pedoman ini, proses seleksi, penyaluran/pemberian beasiswa dan atau bantuan biaya pendidikan mahasiswa diharapkan akan berjalan dengan lebih baik, dan mahasiswa dapat mengikuti studinya dengan lancar yang diharapkan terus meningkatkan prestasinya dan menyelesaikan studi dengan tepat waktu.
Kepada para pimpinan perguruan tinggi dan Kopertis Wilayah kami harapkan dapat melakukan sosialisasi, seleksi dan pengelolaan/penyaluran beasiswa dan bantuan biaya pendidikan mengacu kepada pedoman ini.
Download Pedoman Beasiswa PPA dan BBM 2012
Kepada para pimpinan perguruan tinggi dan Kopertis Wilayah kami harapkan dapat melakukan sosialisasi, seleksi dan pengelolaan/penyaluran beasiswa dan bantuan biaya pendidikan mengacu kepada pedoman ini.
Download Pedoman Beasiswa PPA dan BBM 2012
Yayasan Amal Abadi Beasiswa Orang Tua Bimbing Terpadu (YAAB ORBIT) memberikan Dana Bantuan Beasiswa ORBIT kepada generasi muda terbaik yang berprestasi namun tidak mampu dalam membiayai pendidikannya. Beasiswa ini ditujukan untuk siswa SLTA dan mahasiswa
Persyaratan penerima bantuan beasiswa (ANBIM=Anak Bimbing) ORBIT:
* Memiliki prestasi dan potensi unggul pada bidang akademis dan non-akademis.
* Memiliki nilai rata-rata semester minimal 8,00 (untuk kelas 2 dan 3 SMA/MA) atau nilai Indeks Prestasi Kumulatif minimal 3.00 untuk program S1 minimal semester 6.
* Aktif pada kegiatan intra atau ekstra sekolah/kampus.
* Memiliki prestasi dan keunggulan dalam bidang tertentu tingkat sekolah, daerah, atau nasional.
* Tidak mampu membiayai sekolah/kuliah.
* Bersedia berperan aktif pada kegiatan di Perwakilan YAAB ORBIT
* Bersedia memenuhi kewajiban-kewajiban sebagai penerima Dana Bantuan Beasiswa/ANBIM ORBIT
Cara menjadi ANBIM ORBIT
Mengisi lengkap formulir lamaran untuk menjadi ANBIM ORBIT (dapat difotokopi sendiri), dilengkapi dengan:
* Fotokopi rapor/kartu studi per semester dari semester 1 sampai dengan semester terakhir dijalani
* Surat keterangan tidak mampu dari RT/RW setempat yang menyatakan bahwa orang tua calon ANBIM tersebut tidak mampu untuk membiayai pendidikan
* Surat keterangan masih aktif mengikuti pendidikan dari sekolah/perguruan tinggi
* Foto terbaru ukuran 3×4 sebanyak 3 lembar
* Data-data penunjang seperti fotokopi piagam penghargaan/seminar, dan lain-lain
Mekanisme Seleksi
* Mengambil formulir permohonan menjadi ANBIM ORBIT di Sekretariat YAAB ORBIT Pusat atau Perwakilan YAAB ORBIT terdekat (15 April s/d 30 Juni)
* Formulir yang telah diisi lengkap beserta dokumen diserahkan/dikirim ke Perwakilan YAAB ORBIT terdekat (tanggal 1 s/d 30 Juli)
* Waktu seleksi diadakan setiap tahun, yaitu tanggal 1 s/d 15 Agustus (di tingkat perwakilan) dan dari tanggal 16 Juli s/d 30 Agustus (di tingkat Pusat)
* Pengumuman hasil seleksi akan dikirim dari YAAB ORBIT dan ke alamat rumah masing-masing ANBIM yang lulus seleksi pada tanggal 1 Agustus.
Tunjangan yang diberikan:
1. Untuk tingkat SMA: Rp60.000,00 per bulan selama setahun dan dapat diperpanjang
2. Untuk tingkat S1: Rp100.000,00 per bulan selama setahun dan dapat diperpanjang
Kantor Pusat YAAB ORBIT
Gedung The Habibie Center Lt.1
Jl Kemang Selatan No.98 Jakarta Selatan
Telp. 021-7884 6927
email: yaaborbitpusat@yahoo.com
Persyaratan penerima bantuan beasiswa (ANBIM=Anak Bimbing) ORBIT:
* Memiliki prestasi dan potensi unggul pada bidang akademis dan non-akademis.
* Memiliki nilai rata-rata semester minimal 8,00 (untuk kelas 2 dan 3 SMA/MA) atau nilai Indeks Prestasi Kumulatif minimal 3.00 untuk program S1 minimal semester 6.
* Aktif pada kegiatan intra atau ekstra sekolah/kampus.
* Memiliki prestasi dan keunggulan dalam bidang tertentu tingkat sekolah, daerah, atau nasional.
* Tidak mampu membiayai sekolah/kuliah.
* Bersedia berperan aktif pada kegiatan di Perwakilan YAAB ORBIT
* Bersedia memenuhi kewajiban-kewajiban sebagai penerima Dana Bantuan Beasiswa/ANBIM ORBIT
Cara menjadi ANBIM ORBIT
Mengisi lengkap formulir lamaran untuk menjadi ANBIM ORBIT (dapat difotokopi sendiri), dilengkapi dengan:
* Fotokopi rapor/kartu studi per semester dari semester 1 sampai dengan semester terakhir dijalani
* Surat keterangan tidak mampu dari RT/RW setempat yang menyatakan bahwa orang tua calon ANBIM tersebut tidak mampu untuk membiayai pendidikan
* Surat keterangan masih aktif mengikuti pendidikan dari sekolah/perguruan tinggi
* Foto terbaru ukuran 3×4 sebanyak 3 lembar
* Data-data penunjang seperti fotokopi piagam penghargaan/seminar, dan lain-lain
Mekanisme Seleksi
* Mengambil formulir permohonan menjadi ANBIM ORBIT di Sekretariat YAAB ORBIT Pusat atau Perwakilan YAAB ORBIT terdekat (15 April s/d 30 Juni)
* Formulir yang telah diisi lengkap beserta dokumen diserahkan/dikirim ke Perwakilan YAAB ORBIT terdekat (tanggal 1 s/d 30 Juli)
* Waktu seleksi diadakan setiap tahun, yaitu tanggal 1 s/d 15 Agustus (di tingkat perwakilan) dan dari tanggal 16 Juli s/d 30 Agustus (di tingkat Pusat)
* Pengumuman hasil seleksi akan dikirim dari YAAB ORBIT dan ke alamat rumah masing-masing ANBIM yang lulus seleksi pada tanggal 1 Agustus.
Tunjangan yang diberikan:
1. Untuk tingkat SMA: Rp60.000,00 per bulan selama setahun dan dapat diperpanjang
2. Untuk tingkat S1: Rp100.000,00 per bulan selama setahun dan dapat diperpanjang
Kantor Pusat YAAB ORBIT
Gedung The Habibie Center Lt.1
Jl Kemang Selatan No.98 Jakarta Selatan
Telp. 021-7884 6927
email: yaaborbitpusat@yahoo.com